4 Tips Menjelajahi Jakarta dengan Mobil

Anda bukan warga Jakarta? Saya juga bukan. Tapi walaupun begitu, pasti ada saja hal-hal yang membuat Anda terpaksa harus ke Jakarta. Entah urusan bisnis lah, urusan beasiswa lah, atau hanya sekedar jalan-jalan menghabisi liburan dengan menyusuri mal-mal Jakarta yang, sejujurnya, emang paling keren se-Indonesia.

Setelah dibukanya jalur Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Bandung-Cileunyi (Cipularang dan Purbaleunyi), penggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi antara kota-kota tersebut semakin menjadi kebiasaan, bahkan menjadi pilihan banyak orang ketimbang kereta api dan pesawat udara tentunya. Untuk memudahkan dan memperlancar perjalanan Anda, berikut ini tersedia 4 (empat) tips yang dapat Anda terapkan walaupun kemanjurannya belum terbukti karena selama ini hanya saya terapkan kepada diri saya sendiri. Hehehe..

1. Yakinkan benar kemana tujuan Anda.

Mungkin tips pertama itu terdengar amat sangat bodoh. Tapi hal itu memang merupakan hal penting bisa dilupakan para tamu kota Jakarta. Di Bandung contohnya, saat saya tiba di pintu masuk Ciwalk, saya secara tiba-tiba bisa saja merubah pikiran saya lalu memutuskan untuk pergi ke PVJ dan sampai hanya dalam waktu 15 menit. Dari BSM ke PVJ sekalipun, yang merupakan dua mal yang mewakili bagian Bandung paling utara dan bagian Bandung paling selatan, perjalanannya hanya memakan waktu 45 menit. Nah, di Jakarta?? Saya yakin itu bukan keputusan yang tepat untuk berjalan-jalan tanpa tujuan lalu berpindah-pindah kesana-kemari.

A: Aduhh.. bosen nih di Citos.. penuhh banget.. kita maen ke Ancol aja gimana??
B: Hahaha. Kamu lucu banget deh. Kayanya ke Ancol ama pulang ke Bandung sama lamanya tuh.

2. Gunakan mobil dengan asuransi all-risk.

Anda sudah mengasuransikan mobil Anda? Itu belum cukup. Pilihlah asuransi all-risk untuk menjamin keselamatan dan keberadaan mobil Anda secara utuh. Saya bukan menganggap Jakarta sebagai kota penuh pencuri kendaraan bermotor, tapi saya lebih menekankan kepada karakter para pengemudi jalanan di Jakarta. Anda pernah dihimpit dua bus besar yang saking parahnya sampai-sampai kedua bus tersebut ternyata sudah mematahkan kedua spion mobil Anda? Saya pernah. Untungnya waktu itu saya masih menggunakan spion bersendi karet sehingga fleksibel untuk dipatahkan kesana-kemari. Mobil Anda BMW dengan spion sendi elektrik? Nahh.. Anda harus hati-hati.

Dan tau apa yang menarik? Kondektur dan supirnya sama sekali tidak memasang muka bersalah.
Sensasional. Layaknya mereka sudah terbiasa melakukan itu dari hari ke hari.

3. GPS itu sangat berguna.

Saya bukannya sok hi-tech, tapi saya sudah membuktikan sendiri bahwa penggunaan GPS sangat berguna dalam menjelajah kota Jakarta. Sekedar informasi bagi yang belum tahu, GPS adalah singkatan dari Global Positioning System; suatu perangkat yang memanfaatkan satelit untuk menentukan letak keberadaan kita di bumi ini. GPS sebelumnya hanya digunanakan untuk keperluan navigasi udara, laut, dan militer. Dewasa ini, GPS sudah mulai masuk ke masyarakat umum dalam bentuk perangkat terintegrasi dengan telepon selular maupun dalam bentuk perangkat mandiri yang bisa dipasang dalam mobil. Dan saya perlu garisbawahi bahwa GPS tidak menghabiskan pulsa Anda sepeser pun. Nah, sudah saya garisbawahi, bukan? Yang perlu Anda perhatikan bukanlah pulsa, melainkan baterai perangkat GPS Anda. Jangan pernah lupa untuk membawa charger mobil yang umumnya ada dalam paket penjualan GPS Anda.

Anda ingin tahu se-canggih apa GPS bisa membantu Anda?

400 meters bear left. Prepare to bear left. 200 meters go straight. Turn right here. Going off-course, recalculating. You are arrived at your destination.

Nah, itu sedikit potongan ucapan mbak-mbak artificial yang berbicara melalui GPS. Hehehe.. Selain Anda dapat melihat visualisasi semi-3D di layar GPS yang ikut bergerak seiring dengan pergerakkan mobil Anda, beberapa GPS juga memiliki fitur penggantian bahasa yang akan digunakan oleh mbak-mbak artificial itu. Saya sudah mencoba bahasa Indonesia di Nokia N95 dan entah mengapa terdengar agak jijik, walaupun bahasa Malaysia lebih jijik lagi sih.

4. Play Jakarta, Drive Jakarta.

Ini merupakan tips yang paling ultimat. Seperti ada pepatah mengatakan, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Jadi, saat Anda berada di Jakarta, peraturan Jakarta lah yang berlaku! Pernahkan Anda bayangkan bahwa mobil-mobil di Jakarta terbiasa untuk salip-menyalip di atas ramp? Gila! Btw, Anda tahu ramp kan? Ramp adalah jalan naik atau turun yang menghubungkan highway dengan jalan biasa. Selain itu, tahukah Anda bahwa ‘memberikan jalan’ kepada mobil lain ialah suatu hal yang tabu di Jakarta? Ya, tabu! Coba saja sendiri bila Anda tidak percaya. Jadi bagaimana cara mengemudi yang tepat? Ya ikuti saja cara mereka semua! Dijamin sukses. Hahaha.. Play Jakarta, Drive Jakarta, it is the only way to survive.

Khusus untuk tips yang terakhir ini, Anda harus memiliki kontrol diri yang baik. Ingat, bagi warga kota Bandung, saat Anda kembali memasuki pintu tol Pasteur, gaya menyetir seperti itu WAJIB Anda tinggalkan. Gunakanlah lagi saat Anda kembali ke Jakarta. Hehe..

Demikianlah beberapa tips menjelajahi Jakarta dengan mobil. Semoga bermanfaat!

  • mas, saya pengguna themes buatan mas. perfect. namun, gimana sih cara ganti tulisan header arthemianya. please, help me! i’m so confused!

  • ardiansyah

    nothing but the truth!

  • yang nomer 3 kalo pasang kira2 habis berapa yak ?

  • ya, dijakarta no 1 memang harus punya tujuan mo kemana, coz tanpa tujuan bisa2 nyasar :)

  • wuiihh.. gw jadi urutan pertama di daily click..!! hahaha pastinya karena nama gw yang Adh.. hm, emang nasib, dari jaman SD ampe SMA absen gw juga yang pertama melulu..
    oiya gw jadi inget hal lain pas Ltk 2, si Apres juga pernah kena SP yang gw juga bingung knp dia tiba2 bisa dpt hahaha..dan sbnrnya si apres juga bingung tapi dia ga peduli..dia udah pasrah aja daripada urusannya jadi panjang..hahahaha

  • hahaha..iya yah, apalagi kalo telatnya berurusan ama pak koordinator Ltk II hehehe..pasti bukan cuman memacu adrenalin tapi emosi haha.. piss.. oiya, ngomong2 soala kejadian itu, bel, gw n temen2 redaktur “if you say so” pengen nampilin cerita lo itu di buku tahunan..hehe..si Iin udah mintain elo blm ya? ntar gw kabar2in lagi dah..ok ok

  • yonna - wah gua juga baru tau ‘jiran’ itu artinya tetangga. hehehe.. dan ini si fikri menarik bgt sih yang dikomentarin malah komentar orang. haha..

    Zee - hahaha.. good point. bener juga. tapii.. hahaha..

    babsq - hahaha.. deskripsi lu super penuh petualangan.. hehe.. patut dicoba kali ya.. tapi di bandung gua sering lho memacu adrenalin.. dengan dateng telat pas ujian. hahahaha..

  • Hahaha… gile nih tips2nya.. Tapi ke jakarta tuh ga asik, bel, kalo elo ga naek bajaj, bemo, apalagi bis kotanya yang super nampol (bukan busway yaa)..hehhee. Palagi kalo lo pagi2 berangkat ke suatu tempat naik bis, wuiiih lo bisa sekalian olah raga tuh, ngejar2 bis, lompat ke dalem ato gelantungan pake satu kaki, trus lo turunnya lompat lagi.. hehehe lumayan tuh kalori yang kebuang.. belum lagi adrenalin lo semakin terpacu kalo bis nya kebut2an…hahaha..cobain deh,, dijamin mantap,,ehehhee

  • Tips ke-4 itu dijamin bakal buat banyak kecelakaan… :mrgreen:

  • eh.. eh .. ehh

    gw baru tau kalo jiran artinya tetangga!! makasih yonna.

    *kebiasaan jelek mengomentari komentar, bukan isi blog!! hahahaha

  • emang jiran buat malaysia doang ya? maksutnya sih warga kota sebelah (jiran = tetangga) :)

    ah ga tau deh, bahasa gue suka belepotan :mrgreen:

    hahahaha, soalnya beneran lho, balsem suka dipake ma pengemudi yang kakinya pegal-pegal gara2 kejebak macet, bukan gue tapinya, driving skill gue masih harus diasah soalnya

  • yonna
    eh gua agak bingung.. maksudnya “Secara warga jiran, Mike tau betul betapa rapi dan teraturnya Jakarta” tuh apa ya?? yonna warga jiran? apa gua yang dikira warga jiran? jiran tuh malaysia kan?

    dan soal GPS, emang GPS tukang ojek jauh lebih canggih.. tapi kan kalo naek mobil pribadi gak bisa nemu tukang ojek.. hehehe.. tukang koran/rokok? tapi kok gua punya pengalaman buruk ya bertanya jalan ama mereka.. masa gua didiemin.. lalu mrk bilang “gak tau!” dan respon gua adalah, “ckckck.. dasar jakarta!” hahahaha…

    balsem? bener juga ya! betis gua pegel gara2 nahan kopling!!! hehehe..

  • Halo Michael, salam kenal :)

    Wuahahahahah nendang banget nih artikel. Secara warga jiran, Mike tau betul betapa rapi dan teraturnya Jakarta :mrgreen:

    Sekedar ralat dikit soal GPS, oke saya setuju tapi sayangnya gak semua lokasi di Jakarta masuk dalam GPS karena tetep aja lebih canggih GPSnya tukang ojek atau penjual warung rokok atau tukang koran waktu kita mulai ragu ma arah tujuan kita :lol:

    Sama jangan lupa bawa air minum, permen, CD, buku, koran, majalah, cemilan favorit bahkan nasi bungkus sekalipun untuk jaga-jaga kalo kejebak macet tapi gak tau mau motong lewat jalan mana dan jangan lupa bawa balsem buat ngobatin kaki dan tangan yang pegel2 akibat harus sering2 injak gas, rem, kopling, persneling saat macet :razz:

  • gua emang rada gila, nez, kalo udah mikirin hal-hal gak penting kaya gini. hahaha.. iya gua pernah digencet BUS ampe spion gua dua2nya nekuk.. dan entah mengapa mereka membuat seakan-akan jadi gua yang salah karena berada di tengah-tengah lajur. padahal itu lagi macet dan mereka yang mepet2 gua! jadi bingung juga. hehe..

    hah, ngasi jalan gua orang kita malah dimaki2 ama yang di belakang kita? gila. hahahaha.. :lol: :lol:

  • Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger! :lol:
    http://www.infogue.com/
    http://megapolitan.infogue.com/4_tips_menjelajahi_jakarta_dengan_mobil

  • haha gile lu bel, top abeees…g aja yg tgl d jkt gk pernah kepikiran kasi tips beginian.. =P
    seriusan pernah digencet bus ampe spionnya nekuk?
    astagaaa..amit2 deh
    bnr bgt tuh tabu buat kasi jjalan k mobil org krn pasti mobil2 blkgnya ngintilin, abis gt kita dimaki2 sama mobil yg ngantri di blkg kt.

  • @hanna: iya emang gak ada kamus jakarta.. adanya delft, london, paris, new york.. gmn? hehe..

    @yuki: hmmm.. antara 1jt ampe 3.5jt gt.. pada dasarnya itu GPS portable.. jadi bisa dimasuki tas juga.. dibawa sambil buang air di wc juga bisa. tapi umumnya dikasi car kit gt.. jadi ada tempat naronya di mobil.. merk yang umum bagus di indonesia sih garmin. liat-liat aja di http://www.bhinneka.com

    intermediate?maksudnya? hahaha.. aneh2 aja.. iya bawa cd lagu yg banyak. kalo gue prefer buka laptop. hehehe.. maen WE di laptop aja. hehe.

  • heheh, gw tertarik ama yang GPS bel, kalo yang pasang di mobil berapaan emang? punya oom gw di sini ngmgnya: “five hundred meters ahgead, turn left. two hundred meters ahead you will reach the intermediate destination.” entah apa pula intermediate destination maksudnya, padahal tujuan akhir loh. :lol:

    tambah lagi tipsnya, bawa cd lagu yang banyak, lumayan buat ngliangin stress kalo macet, cemilan atau sekalian pasang tv juga boleh kalo ada yang mau bayarin. :D gw pengennya udah ada tv ada playstationnya, jadi kalo bener2 stuck winning eleven langsung. :lol: ada gak yah?

  • huahaha. pengalaman skali tampaknya si jubel ini. Aduh aduh :lol:

    btw, di kamus kita nanti jgn ada jakarta yaa. oke?! hehe.

  • iya, kristin, naek busway emang nampak aman dan tenteram.. dan gua belom pernah naek busway. hahaha.. nah nyetir motornya parah kan? terbukti kan pandangan gua. hahaha..

    kalo orang jakarta ke bandung pusing ya karena mereka kehilangan kebiasaan mereka, lin.. hahaha.. selain itu, di bandung kan banyak satu arah, muter sana-sini.. kalo soal kegilaan pengemudi mah jakarta juara lah! hehe..

    mam, gua pake nokia n95. kan sudah gua beberkan. hehe.. nokia n95 akan ada intergrated gps nya.. jadi bukan dipair pake GPS receiver. hehe..

  • bel, lu pake GPS receiver di-pair ke handphone ato pake standalone GPS?

    btw nambahin tips neh
    5. Kalo di Jakarta ujan jangan naek ojek, sering banjir kan tuh
    “Mana ujyan, gak ada ojyek, bechek” - Cincha Laura

  • ah bel, gw gak bisa nyetir aja naek mobil di jakarta stress
    klakson gandeng sekali..
    tapi sodara orang jakarta nyetir ke bandung mereka bilang malah lebih pusing lagi. kenapa ya?

  • Entah ya… Kalo di Jakarta saya lebih suka naek Busway (waktu jaman dulu masi belum macet dan menyebalkan) atau naek MOTOR ama abang saya. Saya pernah ngurus sesuatu di DIKTI Sudirman dari Gambir, dan waktu yang saya punya hanya kurang dari setengah jam. Akhirnya (calon) eda saya mengantar saya ke tukang ojek langganannya. Sampe loh. Tepat waktu, meski rada ngehe ngeri ngeri motornya naiknaik trotoar… Hahahaha..

    Eniwe… Saya belum pernah ke bandung. Poor me. :oops: