Bersyukurlah Atas Mama Papa Kita

huahh.. dah 2 minggu gak nge-blog.. gak ada inspirasi.. payah.. mandek nih gua.. hidup juga lagi stagnan.. nampak gak ada yang menarik.. hahaha.. hmm.. tapi walopun begitu, gua pengen bertukar pikiran dan berdiskusi tentang kehidupan kita sebagai anak nih.. (*waduh berat.. haha..)

ini adalah rangkuman dari pengalaman hidup gua di mana banyak teman-teman gua bercerita tentang keluarganya.. i give u the final conclusion in a nutshell, be thankful for you mom and dad.. it’s the best you can have in the world..

pernah gak sih kita berantem ama orang tua kita? (*pasti pernah..)
pernah gak sih kita ngerasa orang tua kita gak sempurna (*mungkin pernah..)
pernah gak sih kita ngerasa nyesel dilahirkan di keluarga kita sekarang? (*pernahkah?)
pernah gak sih kita bermimpi lahir di keluarga teman atau sahabat kita? (*waduh. hehe..)

———-

ada satu hal yang kita sadari yang terjadi pada kehidupan manusia saat kita beranjak dewasa. waktu masih duduk di bangku taman kanak-kanak, kita cenderung dipenuhi dengan sukacita masa kecil dan mengidolakan orang tua kita layaknya seperti pahlawan kita.. kita tak pernah disuapi dengan berbagai konflik internal keluarga, tidak pernah tau akan masalah-masalah dan pertikaian antar saudara-saudara orang tua kita, dan gak perlu tahu akan masalah-masalah duniawi yang sebenernya sedang terjadi di dalam keluarga kita.. kehidupan kita terasa begitu indah..

saat kita mulai beranjak besar, katakanlah duduk di bangku sekolah dasar.. saat itu, mata kita mulai terbuka. kita mungkin sesekali dapat melihat pertengkaran yang terjadi di antara kedua orang tua kita, lalu kita melihat ayah kita berteriak dan ibu kita menangis.. dan kita hanya bisa mengurung diri di kamar bersama adik-adik kecil kita yang dengan enaknya masih dapat bermain-main dengan mobil-mobilannya karena dia belum mengerti apa yang sedang terjadi.. kita takut.. yang ada hanyalah bayangan film, sinetron, dan infotainment yang bercerita tentang perceraian suami istri.. kita meringkuk, menangis, dan ketakutan itu terus menyelimuti kita sambil cacian dan teriakan di ruang sebelah terdengar sampai ke telinga kita..

lalu kita masuk sekolah menengah pertama.. kita mulai kenal banyak teman dekat.. kita main ke rumah mereka dan bertemu orang tua mereka.. melihat rumah yang begitu megah dan mewah.. dengan sepasang ayah dan ibu yang berwibawa dan bijaksana tapi ramah dan penyayang.. teman kita datang disambut dengan ciuman hangat dan kedua orang tuanya menyapa kita dengan ramah.. dan entah kenapa muncul perasaan iri hati di dalam hati kita.. “kenapa mamapapa mereka begitu baik? keluarga temanku ini nampak begitu sempurna.. seperti tidak pernah ada satupun pertengkaran yang terjadi.. hidup mewah, nyaman, dan tentram.. gua mo hidup aja susah.. bokap gua pengangguran.. nyokap gua yang banting tulang.. itupun pas banget abis buat kehidupan sehari-hari.. gak ada ceritanya gua bisa jalan-jalan ato maen-maen.. huh.. bokap gua kasar.. gak ada ceritanya dia pernah ngasi liat rasa sayangnya ama gua..”

akhirnya kita SMA juga.. pergaulan kita semakin luas.. dan emosi kita pun mulai berkembang.. keinginan dan impian semakin memenuhi pikiran kita.. kita mulai bertengkar dengan orang tua kita akan segala masalah dalam hidup.. lalu kita mulai nakal, kita mulai mencoba hal-hal baru yang amat membuat kita penasaran.. dan tak jarang hal-hal baru tersebut bersimpangan dengan prinsip dan pendapat orang tua kita.. lalu kita mulai bertengkar.. kita mulai berani berteriak kepada orang tua kita.. dan mereka teriak balik.. saking parahnya pertikaian tersebut, tangan ayah kita sampai menggampar pipi kita.. ibu kita mencoba membela kita.. tapi apa daya dia malah ikut ditampar.. dan kita hanya bisa diam.. dan tak sedikit dari antara kita yang lalu minggat dari rumah.. berlari dengan penuh kedengkian dan kebencian akan orang tua kita sendiri.. tanpa sadar terucap dari lidah kita, “Nyesel gua lahir di keluarga itu.. Tai..”

kita terus berlari dan berakhir di rumah sahabat dekat kita, yang selalu setia menemani kita dalam suka dan duka.. kita duduk dan sahabat kita itupun duduk di samping kita.. lalu kita mulai bercerita,
“Bokap gua kaya tai.. Gua digampar, jing! Nyokap gua juga digampar! Bokap gak becus.. Nyesel gua lahir di keluarga itu.. Anjing..”

Lalu sahabat kita tersenyum,
Gak boleh lo ngomong gitu.. Mo gimana juga dia tetep bokap lo..”

“Halah.. tai.. sirik gua ama lo.. Bokap nyokap lo ramah banget.. penyayang.. yakin gua lo gak pernah ampe digampar segala..”

Sahabat kita hanya bisa tersenyum dan berkata,
“Gak semuanya seperti yang lo liat.. Lu harus bersyukur mo gimana pun keadaan keluarga lo.. They’re the best you can have in the world.. lo harus yakin..”

“Jijik lo.. bokap gua tuh super gak becus, nyet.. Lo gak pernah ngerasa jadi anaknya sih! Keluarga lo tu sempurna bgt.. Nah gue?? Hidup aja susah.. gila.. kenapa ya lo beruntung banget.. gak kaya gua..”

Lagi-lagi sahabat kita tersenyum.. dia berkata..
“Lo harus buka mata.. Lo kira keluarga gua sempurna? Lo salah besar.. Sekarang lo denger cerita gua..

Jadi lo kira keluarga gua sempurna.. Oke.. Keluarga gua emang orang yang berkecukupan.. lebih dari itu kalau mau dibilang.. Semua materi tersedia.. lo mau mobil sampe alat fitness semuanya ada di rumah.. lo mo makan makanan Arab ampe makanan Itali semuanya tinggal bilang.. Pembantu gua ada 10.. Tukang masak ada 3, tukang kebon ada 3, supir ada 5.. mobil gua ada 10.. Rumah gua gede.. Semuanya serba mewah.. Mo beli barang di mall tinggal gesek tanpa harus peduli harganya berapa.. Taun depan gua bakal kuliah di Amrik, tinggal di apartemen mewah, semuanya gua dapet.. Itu semua hasil kerja bokap nyokap gua.. gua ulangi.. itu semua hasil kerja BOKAP dan NYOKAP gua.. bokap gua lulusan S3 Amerika, dan dia punya 2 gelar Master dari Inggris dan Belanda.. Lulusan UI.. dia punya bisnis bejibun.. mulai dari telekomunikasi ampe pasar swalayan.. u name it.. Nyokap gua juga gak kalah kerennya.. Lulusan ITB, S2 di Jerman, dan S3 di Jepang dengan predikat cumlaude.. Gila kan?? Tapi asal lo tau… mereka pulang ke rumah ini hanya pas Natal, Lebaran, dan Hari Kemerdekaan.. Ya karena mereka harus ikut upacara bendera di Istana Negara.. Selain tiga hari itu, gua juga gak tau mereka dimana.. lebih tepatnya.. gua gak tau dimana bokap dan nyokap gua.. karena mrk gak pernah bareng.. masing-masing sibuk dengan bisnisnya sendiri.. Asal lo tau ya, gua PENGEN BANGET DIGAMPAR ama bokap gua!!! Karena itu tandanya dia perhatian ama gua! Lo harus bersyukur karena bokap lu masih merhatiin lo!”

Kita hanya bisa diam..

“Gini ya.. bokap nyokap lo tuh ada di rumah tiap hari.. tiap marahan dan cacian mereka ialah tanda perhatian mereka! Knp lo gak pernah bersyukur sih? Lo merasa gak berkecukupan? Lo merasa miskin?? Lo tau Radit? Bokapnya tu pengangguran.. and u know what? Nyokapnya gak tahan dan pergi ninggalin mereka.. Lo harus bersyukur nyokap lo setia banget ama bokap lo.. Lo complain knp bokap nyokap lo gak pengertian ama lo.. lo complain knp mereka gak pernah mencoba mengerti elu dan ngelakuin apa yang lo pgn.. nah skrg gua tanya, lo pernah mencoba mengerti orang tua lo gak?? Dan pernah atau pun enggak, lo tetep lebih beruntung dari gua karena di antara lo dan orangtua lo tuh masih ada hubungan dan keterikatan.. nah gua?? setidaknya kalian bertiga masih bisa berantem!

Lagi-lagi kita hanya diam..

“Iya, emang gua GAK PERNAH digampar.. Tapi gua sangat berharap gua pernah! Bokap gua bukan emang pengangguran.. Tapi gua pernah berharap supaya dia bangkrut dan jadi pengangguran supaya dia bisa tiap hari di rumah! Gua emang berkecukupan.. Tapi gua berharap semua ini hilang!!! Supaya bokap nyokap gua bisa sadar apa yang sebenernya penting dalam hidup!!”

Dan kita terus terdiam..

“Tapi.. lo harus tau.. gua tetep BERSYUKUR atas apapun keadaan bokap nyokap gua.. dan gua bakal tetep sayang ama mereka.. gak ada sesuatu pun yang sempurna di dunia ini.. karena yang bisa menyempurnakan meraka ialah kita yang menilainya.. kalau kita anggap mereka sempurna.. maka mereka sempurna adanya.. karena sempurna atau tidak hanyak persepsi kita saja.. dan gua yakin bahwa mamapapa gua ialah yang terbaik di dunia ini bagi gua.. dan gua belum tentu segalanya bakal lebih baik bila gua dilahirkan di keluarga lain!”

Lalu kita terdiam.. terdiam.. dan terdiam.. lalu kita pulang.. masuk kamar.. dan terdiam..

———-

familystudies.jpg

Temen-temen, seringkali kita ngerasa bahwa sahabat kita mempunyai orang tua yang lebih baik.. lebih bijaksana, lebih penyayang, bahkan lebih kaya.. Tapi kita harus sadar.. orang tua kita tetaplah orang tua terbaik yang bisa kita punya.. kita tak tahu apa yang terjadi kalau kita dilahirkan di keluarga teman kita.. belum pasti semuanya bakal berjalan sama.. dan janganlah iri hati terhadap keadaan orang tua teman-teman kita.. mereka belum tentu lebih baik..

mungkin orang tua kita bodoh dan hanya lulusan SMA.. tapi coba ingat.. mereka bisa menemani kamu nonton tv malam hari di ruang tengah..

mungkin orang tua kita tidak kaya seperti tetangga sebelah, tapi coba ingat.. mereka bisa mengucapkan selamat ulang tahun pada kamu dan memberi kamu kejutan di tengah malam..

mungkin orang tua kita pemarah dan bahkan kasar.. tapi coba ingat.. banyak teman-teman kita yang bahkan sudah lupa bagaimana rasanya dimarahi karena orang tuanya sibuk berbisnis ke luar negeri..

buka mata, dan lihatlah lebih dalam.. dan akhirnya kita akan bersyukur atas mama papa kita.. mamapapa terbaik di dunia..

:D

  • Semua orang tua pasti menyayangi anaknya. Walaupun perasaan itu tidak ia tunjukkan seperti yang kita harapkan. Kita harus tetap bersyukur siapapun orang tua kita. Kita lahir di dunia ini saja sudah menjadi anugerah yang sangat besar. Apalagi kita memiliki orang tua yang sangat sangat kepada kita.

  • bangkrib, wah lebih bagus lagi kalo bonyok lu juga gak pernah lu cela-celain.. hehehe.. semakin kita dewasa kita bisa semakin sadar lho bahwa sebenernya yang mereka inginkan tuh baik buat kita.. ya kadang pikiran anak kecil kan susah ya.. hehehe.. dan dulu kita semua pernah jadi anak kecil.. coba sekarang kita liat anak kecil.. pada rese2 kan?? hahaha..

    iya, bir! bener banget.. orang tua tuh bisa banget tau apapun yang lagi kita alami.. hebat! hehehe.. anugerah Tuhan tuh.. hehe..

    waduh, jie.. jangan berantem dongg.. hehehe.. tapi gapapa kok yang penting setiap berantem kita selalu nyelesein semua masalahnya.. hehe. berantem itu seni dalam kehidupan lagi.. hehehe..

  • huhu gw abis berantem lagi ma nyokap gw..

    tengs ya bel…. abis ini gw mo nelpon nyokap gw minta maap :’c

  • birru

    Great story bel!!

    My mom n dad will always be the best in my life..
    Manusia emg sering berpikir bahwa yg dimiliki oleh orang lain lebih baik daripada yg dimilikinya..tpi utk hal yg satu ini.. gw ga pernah brenti bersyukur karena punya bonyok yg kaya bonyok gw itu..hehe..love them so much dengan segala kekurangan dan kelebihannya.. Karena ga da yg lebih sayang gw dibanding bonyok gw tercinta,,hehehe.. yg paling ngerti gw.. bahkan saat gw diam pun..nyokap gw ngerti apa yg ada di pikiran gw.. Cuma orang tua yg dikasih talent kaya gtu..hehe

  • oooowwwwwww…
    yeah, benar itu. bonyok tuh anugrah banget. gw sering cela2an sama bonyok gw. tapi kalo udah ngomong sama temen2 gw, they are my hero. gw selalu memuja2 mereka.

  • andy, gua sama sekali gak menyesali hidup gua kok.. my life was wonderful, is wonderful, and will always be wonderful too.. hehehe.. tulisan di atas ialah hasil pemikiran dan hasil cerita teman-teman gua.. gua gak bisa bilang keluarga gua lebih baik ato gimana.. tapi yang pasti, seburuk2nya keluarga lu.. mereka itu tetap yang terbaik.. hehe..

    andre, wah.. jgn nangis disini dre! hehehe…

    bener banget, ika.. gua sih mending dipukul dah daripada gak dianggep.. hehehe.. ya asal dipukulnya beralasan sih gpp kok.. hehe..

    welcome, debo! hehe.. sering2 dateng ya! hehe..

    iya din.. bestt.. hehe.. oo.. dikit2 u can lah ya.. haha.. dah macam orang singapura saja kau ini.. hehe.. anjing? tai? monyet? iya sodara sepupu sih.. gua jg baru tau.. hahaha..

    ratih, bener banget!!! hehehe.. kadang2 emang pola pikir orang tua tuh beda ama kita.. mrk dah pernah jadi anak seumuran kita.. jelas mereka pola pikirannya udah beda.. walauu emang kadang2 susah bagi kita untuk mengerti.. hehe..

    ydoea. hah?? rumput tetangga? hahah.. iya yan.. peribahasa rumput tetangga berlaku ke banyak hal ternyata.. hehe.. tapi kan hijau nya harus sesuai ama kebutuhan seperti yg lu bilang.. TERLALU hijau kan gak baik juga.. hehe..

    pepito.. nahh.. itu tuh tanda kasih sayang orang tua.. hehe.. percaya gak, walopun kita gak pernah cerita masalah ato gimana, pasti mama kita tuh tauuu bgt kalo kita lagi kenapa2 walopun kita berusaha untuk nutupin.. hehe.. they have god’s touch.. hehe..

  • sebuah article yang manis :)
    ada hal yang aneh yang sering terjadi,yah mungkin namanya kontak batin. Jadi gini,buat mahasiswa perantau kayak saya, ketika sedang terbebani banyak masalah dan suka bikin kita down.entah kenapa pada saat itu juga terdengar deringan handphone dengan nama ‘papa atau mama’ di sreen. yang nanya “kamu baik2 aja kan?”..padahal kita belum cerita apa2 hehe.
    itu sering kjadian banget lo.bener2 kontak batin hahaha

    eh jubel.blog ini saya link ya.nuhun

  • a truly touching story indeed,

    bahkan dalam papa mama, papa mama tetangga emang lebih hijau dari papa mama sendiri ya.
    emang deh manusia,

    tapi yah, hijaunya papa mama gw emang yg paling pas deh. terbaik di dunia. :D
    thanks for the story!

  • bel, ternyata lo bakat juga ya cerita2 yg menyentuh bgini

    kirain cuma bisa ngomongin durex

    akakakakakk

  • ratih wulandari

    hmmm.. bagus.. hehehe..

    gw ngga pernah berenti mikir lho bel, kalo bonyok gw itu.. SEMPURNA buat gw.. paling best-lah.. huhuhu dan gw selalu berpikir, semua anak pasti bakal mikir ky gni.. knapa? sbenernya y menurut gw, yang paling bisa nerima kita itu y bonyok kan? ngga mungkin orang lain.. yang paling ngerti kita juga harusnya bonyok sih.. iya ga sih? hueuhuhehue..

    yah, kalo ada yang keluarganya bermasalah ky crita2 di atas atau yang lainnya.. kadang bonyok tuh punya cara mikir yang beda sama kita, sbenernya itu yang bikin bentrok.. mungkin kalo sebagai anak lo mau sedikit aja ngalah untuk mencoba mengerti apa sih sbenernya yg dimaksud sm bonyok lo, masalahnya bisa diatasi d.. hahahahahahahha norak sok bijak gni gw..

    u dont need any reason for loving ur parents so that u can’t stop loving them.

  • mama papaku adalah yang terbaik di duniaaaaa…..

    bel, kata ‘tai’ dan ‘monyet’ itu sepertinya sodaraan ama ‘anjing’ ya…

    btw, gue gak belajar basa belanda kok, tapi nyokap gue ngerti basa belanda…. dikit2 (banget) i can kok…

  • debo

    hmmm… mengharukan.
    nice blog, michael… keep writing!!
    your new blog’s subscriber nih, hwehe:)

  • wah ini postingan yang bagus banget. salam kenal sebelumna :D
    eniwei, beryukur dan bersyukur. itu udah cukup untuk jadi orang yang bahagia di dunia yang makin edan ini. mau gimana pun ortu ku,,aku tetap bersyukur punya ortu, dimarahin? oh it’s way much better buat daku ketimbang gak diperhatiin sama sekali,,hehehehe :D

  • hics hics
    terharu

    keren lo, bro

  • hai bro… don’t have regretted life… because life is beautiful.

    seperti apapun kondisi kita sebagai anak, jangan pernah sesekali menyesali ketentuan dan takdir kita, termasuk siapa orang tua kita. seperti apapun orang tua kita, mereka tetep orang tua. yang pasti menyayangi dan pasti ingin memberikan yg terbaik buat anaknya. masalah ‘broken home’, tergantung kita bawa diri ajah… kalo kita komitmen sama diri sendiri pasti so far so good koq.
    keep your self bro… and be your self.. semangat mosting dong bro… ;)